.AbduR's NoteS

Tantangan #30HariKhatamAl-Qur’an [Bukan Kontes]

29 Aug 2013 - 19:22 WIB

9bc57e4a84a04af04cf3739356095901_al-quranTantangan #30HariKhatamAl-Qur’an

Event Tantangan #30hariNonStopNgeblog memberikan saya inspirasi untuk menulis artikel ini. Artikel ini, saya beri judul “Tantangan #30HariKhatamAl-Qur’an

Akhirat > Dunia, Sudahkah?

Kalau kita memikirkan kembali hari-hari kita, detik-detik ayng telah kita lalui, kita akan sadar bahwa selama ini kita sebenarnya belum adil pada diri kita. Kegiatan-kegiatan kita dari bangun tidur sampai tidur lagi kebanyakan adalah aktifitas kita untuk mencari dunia. Kalaupun ada aktifitas kita yang fokus untuk persiapan hari akhirat yang kekal selamanya, maka kita akan melihat bahwa masih sangat kecil waktu dan tenaga yang tercurah untuknya.

Misalkan bagi seorang mahasiswa dan pelajar, waktu dia untuk belajar ilmu dunia hampir 7 jam itu belum ditambah dengan kegiatan belajar diluar kampus atau sekolah apakah itu les ataupun belajar di rumah. Bagaimanakah dengan ibadah kepada Allah??? Berapa banyak waktu yang digunakan untuk sholat dan membaca Al-Qur’an serta ibadah-ibadah lainnya?

Demikian pula dengan bapak-bapak atau orang dewasa yang telah bekerja. Berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk bekerja yang tujuannya mencari uang utuk mencukupi kebutuhan dunianya.

Walaupun saya tidak memungkiri bahwa bekerja yang diniatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga kita serta dalam rangka beribadah kepada Allah itu juga akan mendapatkan pahala dari Allah ta’ala. Namun, perlu kita memberikan waktu kita yang khusus untuk benar-benar ibadah kepada Allah seperti shalat dan membaca al-Quran.

Tantangan #30hariNonStopNgeblog VS Tantangan #30HariKhatamAl-Qur’an

Tantangan #30hariNonStopNgeblog adalah tantangan menulis artikel selama 30 hari yang diselenggarakan oleh Dblogger bekerjasama dengan Blogdetik. Panitia menjanjikan hadiah yang sangat besar yang menggugah Bloggerwan untuk mengikuti acara tersebut. Terbukti bahwa peserta yang mengikutinya mencapae 316 orang.

Sedangkan Tantangan #30HariKhatamAl-Qur’an adalah sebuah tantangan dari saya yang ingin menggerakkan hari-hati para pembaca DotAbdurahman yang tercinta ini. Sebuah tantangan untuk membiasakan diri membaca Al-Quran dengan target khatam membaca Al-Quran 30 Juz dalam waktu 30 hari sejak pembaca membaca artikel ini.

Batasan 30 hari ini hanyalah sebuah patokan tapi bukan pembatasan. Bagi kita para pemula, kita mulai dengan 1 Juz dalam sehari artinya dalam 30 hari kita akan khatam alQur’an. Mungkin di kesempatan yang akan datang kita akan persingkat waktunya.

DotAbdurahman tidak menjanjikan hadiah, tapi DotAbdurahman memberi khabar gembira dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

Rasulullah bersabda: “Bacalah kalian Al-Qur’an karena dia (Al-Qur’an) itu akan datang pada hari kiamat memberi Syafa’at bagi pembacanya.” (HR.Muslim)

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu hutuf dari Kitabullah (Al-Quran) maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sepuluh kali pahala. Tidaklah aku katakan bahwa “Alif Laam Miim” itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Dan masih banyak lagi berita gembira dari Rasulullah tentang orang-orang yang membaca Al-Qur’aan.

DotAbdurahman tidak menginginkan pertentangan antara Tantangan #30hariNonStopNgeblog dengan Tantangan #30 Hari Khatam Al-Qur’an. Namun DotAbdurahman ingin menggugah hati nurani dan akal sehat dari peserta Tantangan #30hariNonStopNgeblog yang muslim khususnya untuk merenungkan tantangan ini. Coba pikirkan, “Kalau saya rela setiap hari menyisihkan 30-60 menit waktu saya untuk menyusun artikel untuk lomba Tantangan #30hariNonStopNgeblog, apakah saya tidak bisa menyelesaikan tantangan dari DotAbdurahman untuk menyelesaikan Tantangan #30HariKhatamAl-Qur’an???”

Memang sih kita akui bahwa apa yang diperoleh dalam Tantangan #30hariNonStopNgeblog adalah sesuatu yang sangat jelas dan dapat dinikmati oleh diri kita didunia yakni hadiah yang cukup banyak sebagaimana disebutkan di dalam Tantangan. Itu kalau kita menang. Berbeda halnya dengan Tantangan #30 Hari Khatam Al-Qur’an yang hadiahnya nggak kelihatan oleh mata kita. Tapi insyaAllah setiap yang mengikutinya akan mendapatkan pahala dari Allah Ta’ala.

Juri Tantangan #30 Hari Khatam Al-Qur’an

Jurinya dalah anda sendiri. Anda bisa menilai sejauh mana kemampuan anda.

Pemberi Hadiah

InsyaAllah, Allah lah yang akan memberikan pahala yang besar bagi para peserta yang mengikuti tantangan ini. Semoga Allah memberi hadiah kepada kalian semua.

Harapan

Harapan dari DotAbdurahman, event ini bisa menjadi pemacu semangat untuk membaca Al-Qur’an. Sehingga peserta tantangan ini bisa menjadi generasi Blogger yang juga cinta Al-Quran.

Pendaftaran

Bagi yang ingin mengikuti even ini silahkan mendaftar kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan memantapkan hati dan niatan anda. Semoga Allah memberi kemudahan bagi Anda. Bagi yang berminat mengikuti event ini, saya persilahkan memberikan komentar dalam kolom komentar.

Disusun untuk: http://baharudinwahida.blogdetik.com

Diikutsertakan dalam: Artikel Hari ke-13. Tantangan #30hariNonStopNgeblog yang diselenggarakan oleh Dblogger bekerjasama dengn BLOGdetik.


TAGS   #30HariNonStopNgeblog / Kontes / Event /


Author

Abdurahman B.W
@baharudinwahida
baharudinwahida@gmail.com

Tulisan Terbaru

Komentar