.AbduR's NoteS

Delapan Ideku Untuk PLN

17 Oct 2014 - 23:38 WIB

Delapan Ideku Untuk PLN - Jam dinding menunjukkan pukul 22:35 WIB tanggal 17 Oktober 2014 , 10 hari sebelum hari Listrik Nasional yang ke 69 (yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 27 Oktober, ketika aku memulai menulis tulisan ini. Tulisan singkat ini, akan membahas mengenai Ideku Untuk PLN guna mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh PLN bekerjasama dengan BLOGdetik, yang bertujuan untuk menggali ide-ide dari para blogger untuk meningkatkan mutu dan pelayanan PLN.

Aku bisa menulis di malam hari ini, berkat PLN. Adanya listrik yang ada di kosku membuat aku bisa mendapatkan penerangan dari lampu yang mampu menyala karena listrik. Demikian pula komputerku bisa hidup juga karena listrik. Apa artinya lampu dan komputer tanpa listrik? Akan menjadi barang tak bisa difungsikan tentunya.

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh pembicara dan sesi tanya jawab dalam #BloggerBicara yang diadakan beberapa waktu yang lalu, ada beberapa point yang bisa aku simpulkan.

Pertama, Listrik yang dihasilkan oleh PLN memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan, sebagian besar kegiatan , baik yang dilakukan oleh individu, ataupun perusahaan memerlukan listrik. Sebagai contoh, ketika PLN melakukan pemadaman bergilir -disebabkan adanya kerusakan generator - dengan durasi 3 jam di Solo beberapa pekan yang lalu, banyak alat rumah tangga yang tidak dapat difungsikan, demikian perekenomian , pengusaha kecil ataupun besar yang belum punya generator di rumah juga mengalami berhenti bekerja, seperti usaha laundry yang ada di sekitar kos penulis- dan pemberi jasa layanan rental komputer. Ini salah satu contoh saja.

Kedua, Di satu sisi kita tahu pentingnya listrik, tapi ternyata belum semua penduduk Indonesia bisa menikmati listrik.

Ketiga, Penyebab banyaknya penduduk atau daerah yang belum bisa menikmati listrik adalah karena belum adanya akses. Akses belum ada karena belum adanya pembangunan sarana dan prasarana. Dimana, ternyata biaya yang digunakan untuk membangun ini sangatlah besar.

Keempat, Saat ini, pengguna listrik masih membayar listrik di bawah biaya produksi listrik yakni masih mendapatkan subsidi dari negara- walaupun nanti di akhir tahun 2014 rencananya akan ada pencabutan subsidi bagi pengguna listrik di atas 1300 watt. Sedangkan untuk pengguna 450 dan 900 watt masih mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Kelima, bagi penduduk yang belum menggunakan listrik, mereka dirugikan dua kai. Pertama karena belum mendapatkan listrik. Lalu, yang kedua, mereka tidak mendapatkan subsidi.

Keenam, Untuk meningkatkan pelayanan nya, pln sudah memberikan beberapa contact untuk bisa lebih memudahkan, seperti website, email, sosial media lainnya. Namun yang menjadi pertanyaan, sudahkah semua itu bisa diakses semua kalangan dan bisa dimanfaatkan secara optimal. Sudahkan tersosialisaikan?

Ketujuh, Listrik pintar menjadi salah satu pengembangan pln untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Yang dengannya diharapkan bisa mengurangi adanya keterlambatan pembayaran yang akan merugikan pln.

Dari beberapa point di atas , maka berikut ini adalah beberapa Ideku Untuk PLN :

Pertama, perlu adanya sosialisasi tentang manfaat listrik dan kampanye hemat listrik ataupun kampanye untuk penemuan sumber energi alternatif yang bisa untuk menjalankan roda perekonomian dan kehidupan di Indonesia secara khusus dan di dunia secara umum.

Kedua, Adanya informasi yang jelas bagi masyarakat, apabila adanya pemadaman listrik yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Mungkin bisa disampaikan kepada ketua RW yang kemudian akan mengumumkannya kepada masyarakat melalui media yang ada, seperti sound sistem masjid, beberapa jam sebelum pemadaman listrik.

Ketiga, Penambahan anggaran dana untuk pembangunan pembangunan sarana listrik di daerah-daerah yang terpencil. Tentunya hal ini haruslah kdidukung oleh berbagai pihak. Baik itu PLN, wakil rakyat, maupun pemerintah.

Keempat, Pengurangan eksport bahan bakar ke luar negeri. Yang kemudian diperuntukkan ke pln. Atau dengan meningkatkan harga jual eksport ke luar negeri.

Kelima, Dengan bertahap memindahkan listrik pasca bayar ke prabayar semua. Untuk meningkatkan efektifitas dan pelanggaran oleh para pengguna.

Keenam, Pemberian Pembiayaan untuk penelitian sumber energi baru yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi. Walaupun memang terasa berat di awal, namun jika telah diperoleh hasil riset yang bagus, maka akan bisa untuk meningkatkan produktifitas pln.

Ketujuh, Pelaksanaan Proram CSR di daerah yang belum mendapatkan listrik berupa pengadaan listrik dengan media yang ada di sekitar daerah tersebut. Seperti sungai, waduk, angin pantai, sinar matahari atau selainnya.

Kedelapan, Memikirkan kembali untuk pengadaan pembangkit listrik tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa nuklir bisa menghasilkan energi yang sangat besar. Hal ini sebagaimana telah dilakukan di negara maju, seperti Jepang. Tentunya perlu diadakan penelitian dan peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia dalam bidang ini.

Yah, mungkin hanya ini beberapa Ideku Untuk PLN. Semoga bermanfaat. Terakhir, saya ucapkan Selamat Hari Listrik nasional semoga listrik bisa segera dinikmati oleh seluruh warga negara Indonesia.


TAGS   #ideKUUntukPLN /


Author

Abdurahman B.W
@baharudinwahida
baharudinwahida@gmail.com

Tulisan Terbaru

Komentar